7 Tips Meredam Hawa Panas di Rumah Tanpa Kipas Angin dan AC
5 comments
Share:

Suhu tropis Indonesia, terutama di siang hari, memaksa kita untuk menggunakan alat penyejuk ruangan, baik itu kipas ataupun AC di rumah untuk meredam hawa panas yang ditumbulkan akibat melimpahnya sinar matahari.  Ada yang menyalakannya selama berjam-jam, bahkan seharian penuh. Padahal penggunaan pendingin udara itu dalam jangka panjang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, tidak baik juga untuk dompet karena tagihan listrik yang membengkak. Sebenarnya kamu bisa mengurangi dan meredam hawa panas di dalam rumah tanpa bantuan kipas atau AC. Udara di dalam rumah sejuk alami yang membuat Anda sekeluarga betah di dalam rumah. Inilah gaya hidup yang banyak diidamkan yaitu hemat dan sehat. Simak 7 Tips Meredam Hawa Panas di Rumah Tanpa Kipas Angin dan AC sederhana berikut ini:

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Hal utama yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi suhu panas saat ini adalah menghindari sinar matahari secara langsung. Usahakan untuk tetap tinggal di dalam rumah saat udara sangat panas, yaitu mulai dari pukul 11.00-16.00.

Buka-Tutup Pintu

Tak hanya lalu lintas di Puncak, pintu rumah juga bisa diatur buka-tutup demi udara rumah yang sejuk. Begini caranya, buka pintu yang berhubungan dengan luar dan membawa angin dingin masuk walau hari sedang panas terik. Tutup pintu yang terkena sinar matahari langsung dan membuat angin keluar. Ini akan membuat angin dingin tetap berputar di dalam ruangan.

Baca Juga : 7 Tips Jadikan Akhir Pekan Lebih Produktif

Gunakan Bahan Tahan Air untuk atap

Jika atap Anda terbuat dari bahan yang cepat panas dan mengakumulasi kelembaban, ganti dengan genteng yang tahan terhadap air, bernama genteng glazur.

Memajang Tanaman

7 Tips Meredam Hawa Panas di Rumah Tanpa Kipas Angin dan AC

Manfaatkan tumbuh-tumbuhan yang secara alami mengeluarkan oksigen di siang hari. Jika Anda memajangnya, rumah akan terasa lebih sejuk. Beberapa jenis tanaman di dekat jendela juga bisa menghalau sinar matahari masuk. Jangan lupakan kaktus yang menangkap air dari udara, sehingga menyingkirkan kelembapan udara yang membuat sejuk. Supaya terlihat lebih indah, kamu bisa memakai flowers pot Karo-karo basket. Menjadikan tanaman di rumah mu lebih estetik.

Pakai Baju Tipis dan Longgar

Pakaian yang longgar dengan bahan yang tipis dan berwarna terang bisa sangat membantu dalam menghalau rasa panas akibat cuaca ini. Pastikan menggunakan pakaian berbahan katun atau linen karena bahan tersebut bisa sangat nyaman dan sejuk digunakan kala cuaca panas.

Gunakan Furniture Ramah Lingkungan

7 Tips Meredam Hawa Panas di Rumah Tanpa Kipas Angin dan AC

Lauren Living Set, dengan desain cantik serta minimalis dengan warna natural rotan alam membuat kursi ini mudah dipadukan dengan warna interior lain, mempunyai kapasitas duduk hingga 4 orang. Dilengkapi cushion serta sandaran yang tebal membuat nyaman saat diduduki. Bisa di stacking menjadikan kursi ini hemat tempat jika sedang tidak dipakai.

Ubah Warna Cat

Warna cat tembok dan langit-langit rumah yang terang mampu memantulkan panas. Ini dapat mengurangi suhu udara hingga 10 derajat.

Pine Lovers, gimana nih 7 Tips Meredam Hawa Panas di Rumah Tanpa Kipas Angin dan AC, cukup sederhana bukan?? Selamat mencoba ya …

 

 

 

5 Comments

  1. pinerotan August 12, 2023 Reply

    Semoga artikel ini bermanfaat.

  2. Ard August 17, 2023 Reply

    Terima kasih, tipsnya hrus dicoba.
    Di rumah plg nyaman emang pkai baju tipis alias daster.

  3. Sis August 17, 2023 Reply

    Bagus artikelnya, bermanfaat utk saya.
    Yang jelas kalau saya ga mgkin buka tutup pintu, rumah pinggir jln jdi ntar debu masuk semua

  4. […] Baca Juga : 7 Tips Meredam Hawa Panas di Rumah Tanpa Kipas Angin dan AC […]

  5. Monica August 22, 2023 Reply

    Meski panas tetap berusaha adem hehehehehe

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select an available coupon below