5 Tips Merawat Kursi Rotan Sintetis Agar Tahan Hingga 10 Tahun
0 comments
Share:

 

Cara merawat kursi rotan

Apa Itu Rotan Sintetis ?

Merawat Kursi Rotan Sintetis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi bukan berarti mustahil untuk dikerjakan. Kesulitan tersebut bisa disebabkan karena langkanya memperoleh bahan baku rotan sintetis yang berkualitas. Namun sebaliknya di negara pesaing bahan baku tersebut lebih mudah didapatkan. Akan tetapi, penggunaan bahan baku rotan alami kini semakin tergeser oleh rotan sintetis. Selain keduanya mempunyai perbedaan harga, banyak industri dan pengrajin yang menganggap rotan sintetis lebih unggul dari sisi ketersediaan dan keawetannya.

Rotan sintetis adalah produk pengganti rotan alami yang terbuat dari bahan baku plastik atau bahan sintetik. Seperti High Density Polythylene (HDPE) atau Oolyvynil Chloride (PVC). Rotan sintetis memiliki banyak kelebihan yang bernilai ekonomis tinggi. Bahan ini bisa digunakan juga untuk furniture yg umum digunakan saat ini diantaranya kursi ataupun meja.

Rotan merupakan komoditas hasil sumber daya alam hutan non-kayu, yang banyak tumbuh pada daerah hutan hujan tropis. Tanaman rotan adalah sejenis tanaman palem merambat yang bisa tumbuh dengan panjang mencapai 100 meter lebih. Rotan memiliki nilai jual tinggi terutama untuk kegiatan ekspor. Tetapi untuk saat ini tanaman rotan sudah sulit didapatkan.

Merawat Kursi Rotan Sintetis : 5 Tips Untuk Membuat Kursi Rotan Sintetis Tahan Hingga 10 Tahun

Pembersihan secara berkala

1. Rawat Rotan Sintetis Secara Berkala

Agar kursi selalu terlihat bersih dan awet maka penting untuk selalu membersihkannya secara berkala. Misalkan setiap hari, 3 hari sekali atau 1 minggu sekali dengan beberapa lap kering dan kemoceng. Anda juga bisa membersihkannya dengan dibuatkan jadwal secara rutin.

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan agar kursi tidak berdebu dan kotoran tdk mudah menempel di kursi, sehingga furniture bisa terus bersih dan menarik untuk dipandang mata serta akan lebih awet. Jika furniture kita terawat, maka akan menjadikan umur ekonomisnya lebih panjang

Selain lebih awet, jika Anda membersihkan secara berkala maka tenaga yang kita gunakan lebih sedikit, karena kotoran belum banyak. Tentu akan lebih menyenangkan melakukannya.

Merawat Kursi Rotan Sintetis

2. Hilangkan debu Menggunakan Lap Basah dan Deterjen

Apabila kursi rotan sintetis Anda terkena minuman atau makanan yang meninggalkan noda, maka perlu untuk diperhatikan secara menyeluruh. Dalam tahap ini, proses pembersihannya bisa dilakukan dengan lap basah dan dicampur dengan deterjen. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan yang sempurna.

Setelah di lap dengan dicampur detergen, keringkan hingga benar-benar kering dan tidak ada sisa air yg menempel di kursi. Bisa dilakukan dengan di lap dengan kain bersih. Jika tidak memungkinkan untuk dijemur dibawah matahari langsung, Anda bisa mengeringkan dengan cara diangin-anginkan di ruang terbuka. 

 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Ayunan Rotan yang Estetik (Terbaru Tahun 2022)

3. Mengatasi debu dengan penyedot debu

‌Coba perhatikan celah-celah kursi rotan sintetis Anda, pasti di antara struktur anyamannya ada debu yang menempel, bukan? Nah, spot-spot seperti ini pasti susah dibersihkan.

Untuk membersihkannya, gunakanlah penghisap debu dengan ujung bulu panjang agar mudah menjangkau debu. Selain mudah didapat di rumah, alat ini juga gampang digunakan sendiri, tanpa bantuan orang lain.

Lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu menekannya agar anyaman rotan nggak terlepas atau merusak anyaman tersebut. Pastikan anda melakukannya sampai benar-benar bersih.

4. Bersihkan Menggunakan Sikat Gigi

Untuk membersihkan debu dan kotoran yang sulit terjangkau oleh mesin penyedot debu, manfaatkan alat yg ada di kamar mandi Andi. Salah satunya yaitu sikat gigi bekas yang bulu-bulunya halus dan masih tegak. 

Cara membersihkannya, cukup basahi bulu sikat gigi dengan menggunakan air agar debu-debu yang terdapat pada celah menempel dan terangkat. Lakukan hal ini sampai beberapa kali, agar debu tidak ada yang tertinggal.

5. Langsung Perbaiki Jika ada sedikit kerusakan

Jika ada kerusakan segera perbaiki, seperti anyaman yg sedikit terlepas, sedikit terkena pisau atau cutter, berlubang kecil, sambungan yg longgar dan lain-lain.

Anda bisa melakukannya di Pine Rotan, karena kami produsen yang juga menyediakan layanan after sales, seperti service kursi rotan sintetis dan perbaikan.

Untuk itu Anda bisa langsung hubungi 082133730055 agar mendapatkan pelayanan istimewa. Tunggu apalagi, cek segera furniture anda di rumah.

Nah, itu tadi adalah 5 tips merawat kursi rotan sintetis.

Sangat gampang dan cepat untuk dikerjakan bukan ?

Pastikan Anda mengerjakan Tips-tips di atas agar kursi awet hingga 10 tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select an available coupon below